Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

analisa teknikal (analisa grafik)

Analisa teknikal adalah analisa yang dimaksudkan untuk memprediksi pergerakan harga diwaktu yang akan datang dengan menggunakan perhitungan matematis. Perhitungan matematis tersebut diterjemahkan kedalam sebuah grafik. Karena menggunakan sarana grafik sebagai alat untuk menganalisa maka analisa teknikal disebut juga analisa grafik (chart analysis).
Jika analisa fundamental menggunakan indikator ekonomi sebagai alat analisa maka analisa teknikal menggunakan indikator teknikal. Berdasarkan kegunaannya, indikator terdiri dari:
  • Indikator yang berguna untuk mengidentifikasi saat mulai dan berakhirnya suatu trend, disebut sebagai trend indicator.
  • Indikator yang gunanya untuk mengidentifikasi apakah sudah terjadi jenuh jual (oversell) atau jenuh beli (overbought), seringkali disebut sebagai momentum indicator.
  • Indikator yang gunanya untuk mengamati kekuatan pergerakan harga dalam suatu periode tertentu, disebut volume indicator.
Dalam prakteknya para trader seringkali menggabungkan ketiga jenis indikator dalam memprediksi pergerakan harga dimasa datang.